Minggu, 30 Januari 2011

ANALISIS BANGUNAN PUBLIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE INTERPRETIF


KRITIK INTERPRETIF

• Kritikus sebagai seorang interpreter atau pengamat yang sangat personal

• Bentuk kritik cenderung subjektif namun tanpa ditunggangi oleh klaim doktrin, klaim objektifitas melalui pengukuran yang terevaluasi.

• Mempengaruhi pandangan orang lain untuk bisa memandang sebagaimana yang kita lihat

• Menyajikan satu perspektif baru atas satu objek atau satu cara baru memandang bangunan (biasanya perubahan cara pandang dengan “metafor” terhadap bangunan yang kita lihat)

• Melalui rasa artistiknya mempengaruhi pengamat merasakan sama sebagaimana yang ia alami

• Membangun satu karya “bayangan” yang independen melalui bangunan sebagaimana miliknya,ibarat sebuah kendaraan.

Objek Yang Dianalisis : Stasiun Kota

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota dikenal pula sebagai Stasiun Beos adalah stasiun kereta api yang berusia cukup tua di Jakarta dan ditetapkan oleh Pemerintah Kota sebagai cagar budaya. Stasiun ini adalah satu dari sedikit stasiun di Indonesia yang bertipe terminus (perjalanan akhir), yang tidak memiliki kelanjutan jalur.

Yang pertama, Beos kependekan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschapij (Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur), sebuah perusahaan swasta yang menghubungkan Batavia dengan Kedunggedeh. Versi lain, Beos berasal dari kata Batavia En Omstreken, yang artinya Batavia dan Sekitarnya, dimana berasal dari fungsi stasiun sebagai pusat transportasi kereta api yang menghubungkan Kota Batavia dengan kota lain seperti Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung), Karavam (Karawang), dan lain-lain.

Sebenarnya, masih ada nama lain untuk Stasiun Jakarta Kota ini yakni Batavia Zuid yang berarti Stasiun Batavia Selatan. Nama ini muncul karena pada akhir abad ke-19, Batavia sudah memiliki lebih dari dua stasiun kereta api. Satunya adalah Batavia Noord (Batavia Utara) yang terletak di sebelah selatan Museum Sejarah Jakarta sekarang. Batavia Noord pada awalnya merupakan milik perusahaan kereta api Nederlandsch-Indische Spoorweg, dan merupakan terminus untuk jalur Batavia-Buitenzorg. Pada tahun 1913 jalur Batavia-Buitenzorg ini dijual kepada pemerintah Hindia Belanda dan dikelola oleh Staatsspoorwegen. Pada waktu itu kawasan Jatinegara dan Tanjung Priok belum termasuk gemeente Batavia.

Batavia Zuid, awalnya dibangun sekitar tahun 1870, kemudian ditutup pada tahun 1926 untuk renovasi menjadi bangunan yang kini ada. Selama stasiun ini dibangun, kereta api-kereta api menggunakan stasiun Batavia Noord. Sekitar 200 m dari stasiun yang ditutup ini dibangunlah Stasiun Jakarta Kota yang sekarang. Pembangunannya selesai pada 19 Agustus 1929 dan secara resmi digunakan pada 8 Oktober 1929. Acara peresmiannya dilakukan secara besar-besaran dengan penanaman kepala kerbau oleh Gubernur Jendral jhr. A.C.D. de Graeff yang berkuasa pada Hindia Belanda pada 1926-1931.

Di balik kemegahan stasiun ini, tersebutlah nama seorang arsitek Belanda kelahiran Tulungagung 8 September 1882 yaitu Frans Johan Louwrens Ghijsels. Bersama teman-temannya seperti Hein von Essen dan F. Stolts, lelaki yang menamatkan pendidikan arsitekturnya di Delft itu mendirikan biro arsitektur Algemeen Ingenieur Architectenbureau (AIA). Karya biro ini bisa dilihat dari gedung Departemen Perhubungan Laut di Medan Merdeka Timur, Rumah Sakit PELNI di Petamburan yang keduanya di Jakarta dan Rumah Sakit Panti Rapih di Yogyakarta.

Stasiun Beos merupakan karya besar Ghijsels yang dikenal dengan ungkapan Het Indische Bouwen yakni perpaduan antara struktur dan teknik modern barat dipadu dengan bentuk-bentuk tradisional setempat. Dengan balutan art deco yang kental, rancangan Ghijsels ini terkesan sederhana meski bercita rasa tinggi. Sesuai dengan filosofi Yunani Kuno, kesederhanaan adalah jalan terpendek menuju kecantikan. (Wikipedia Indonesia)

Stasiun Jakarta Kota akhirnya ditetapkan sebagai cagar budaya melalui surat keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993. Walau masih berfungsi, di sana-sini terlihat sudut-sudut yang kurang terawat. Misalnya pada bagian sebelah kanan stasiun yang berfungsi sebagai sarana pendukung stasiun yaitu seperti kamar mandi beberapa masih terlihat kurang perawatan. Demikian pula kebersihannya yang kurang terawat, sampah berserakan di rel-rel kereta. Selain itu, banyak orang yang tinggal di samping kiri kanan rel di dekat stasiun mengurangi nilai estetika stasiun kebanggaan ini. Selain itu banyaknya pedagang yang berjualan menambah ketidaknyamanan penumpang kereta api. Bagian ruang tunggu penumpang juga masih kurang menampung penumpang, sehingga banyak penumpang yang menunggu di peron kereta. Sirkulasi penumpang yang akan keluar stasiun pada waktu-waktu tertentu terlihat terjadi penumpukan penumpang. Hal ini diakibatkan karena jalur sirkulasi keluar stasiun yang sempit. Walaupun sudah terlihat pembenahan jalur sirkulasi oleh pengelola stasiun. Yaitu pintu keluar utara dan pintu keluar selatan. Begitu juga dengan jalur masuk yang dibagi menjadi dua jalur masuk. Ruang pembelian tiket masih kurang nyaman karena kurang luas, pada waktu- waktu tertentu terlihat sangat padat, sehingga mengganggu sirkulasi penumpang yang akan masuk stasiun kereta.

Walaupun terlihat sangat padat penumpang, stasiun ini memiliki bentuk atap atap yang setengah lingkaran yang memanjang dan dan tinggi. Sehingga walaupun banyaknya penumpang kereta yang menunggu, sirkulasi udara tidak terganggu. Selain itu adanya ruang terbuka membuat sirkulasi udara dalam stasiun ini tidak terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar